Teknik Sistem Energi

"Institut Teknologi Sumatera"

               

FGD Teknik Sistem Energi


February 1st, 2019 | Posted by: tseitera


[smartslider3 slider=”4″]

Pada 23 Juli 2018 Program Studi Teknik Sistem Energi mengadakan Focus Group Discussion sebagai langkah awal peninjauan kurikulum dan serapan lulusan di dunia kerja. Pada acara ini di hadiri oleh Ir. F.X. Nugroho Soelami M.BEnv.,Ph.D. dari Institut Teknologi Bandung, Bapak Tommy Azhar Palembara dari PT. Bukit Asam (Tbk), Bapak Eki Putra dari PT. PLN (Persero) Distribusi Lampung dan Bapak Arif Mulizar dari PT. Pertamina Geothermal Energy (PGE) Ulubelu Lampung.
.
Dalam kesempatan ini kami berdiskusi mengenai potensi Energi yang ada di pulau Sumatera, masalah apa yang timbul pada eksplorasi energi, pengembangan Energi Baru – Terbarukan dan bagaimana cara kita memberikan edukasi ke masyarakat. 
Pembelajaran yang dibutuhkan oleh industri antara lain: Korporasi Engineering Management : Analisa Kelayakan Proyek, Assesment Anggaran, Reliablity System, Ekonomi Teknik, Etika Teknik dan K3L. Harapannya pembelajaran di Program Studi Sistem Energi ialah pembelajaran yang ‘sistematik’ artinya semua pembelajaran dilakukan secara sistematis, menyeluruh dan berkesinambungan.
.
Selain Hard Skill, Soft Skill juga perlu di perhatikan dan dikembangkan pada ranah Industri salah satunya ialah teknik dalam berkomunikasi (How to know yourself and the others) dengan harapan setelah lulus dari perguruan tinggi bisa menghasilkan kemampuan komunikasi yang baik, Continuous Improvement (PDCA) “Plan Do Check Actions”.
.
Muatan lokal yang artinya “ciri khas Sumatera” harus ditanggapi, dianalisis sebagai program Learning Outcome. Kurikulum Program Studi Teknik Sistem Energi harus di bedakan dengan kecendrungan kebutuhan yang nantinya Program Studi kedepan akan diakreditasi baik nasional maupun internasional. Capaiannya, Mahasiswa harus mengintegrasikan semua komponen ilmu yang mereka pelajari dengan bidang keilmuan yang mereka pilih dengan begitu antara kebutuhan SDM di Industri bisa tercapai. (gbp)


Tinggalkan Komentar



Copyright © 2016 UPT TIK - Institut Teknologi Sumatera (ITERA)