Teknik Sistem Energi

"Institut Teknologi Sumatera"

               

Pengabdian Kepada Masyarakat 2018


February 6th, 2019 | Posted by: tseitera


[smartslider3 slider=”5″]

Desa Rangai Tri Tunggal, Katibung, Lampung Selatan, adalah desa para nelayan yang terletak di daerah pesisir Lampung Selatan. Pada umumnya mata pencarian penduduk desa tersebut adalah sebagai nelayan dan penjual ikan. Pada sore hari mereka bersiap-siap untuk pergi melaut menggunakan perahu atau bagan untuk memancing ikan. Pada pagi hari mereka merapat ke pantai dan dermaga mengangkut hasil tangkapan ikan dan jual di tempat pelelangan ikan tak jauh dari dermaga.
.
Krisis air tawar untuk air minum/air tawar biasanya dialami oleh sebagian besar masyarakat pesisir. Dengan melihat potensi daerah pesisir yang kaya akan air laut tidak menutup kemungkinan bahwa air laut bisa dimanfaatkan sebagai air yang layak digunakan maupun untuk konsumsi sehari-hari.
Pengabdian kepada Masyarakat ini kami membuat alat Destilasi air laut dengan memanfaatkan panas matahari menggunakan Reflektor Cermin Cekung dengan harapan bisa merubah air laut menjadi air tawar dan juga mengajak para masyarakat untuk bisa memahami energi terbarukan yang bisa di manfaatkan pada kehidupan sehari-hari.
.
Krisis Energi sangat berpengaruh bagi kehidupan di seluruh lapisan masyarakat termasuk Desa Rangai Tritunggal. Tidak menutup kemungkinan mereka harus dibekali dengan kemandirian dan kreativitas dalam menghadapi itu semua dan juga menjadi desa yang berkembang dalam Revolusi Industri 4.0 (gbp)


Tinggalkan Komentar



Copyright © 2016 UPT TIK - Institut Teknologi Sumatera (ITERA)