Teknik Sistem Energi

"Institut Teknologi Sumatera"

               

Visi dan Misi

Isu energi merupakan topik yang selalu menjadi perhatian dunia. Hal ini didasari atas masih bergantungnya manusia terhadap bahan bakar fosil yang persediaannya semakin hari semakin menipis. Penelitian tentang ketersediaan energi fosil (berupa batu bara, minyak bumi dan gas alam) menyatakan bahwa bahan bakar fosil akan habis pada tahun 2050. Kondisi ini memicu para peneliti energi di dunia untuk mencari sumber energi alternatif lainnya. Pada saat ini perguruan tinggi dan lembaga ‐ lembaga penelitian sedang mengembangkan teknologi baru yang dapat digunakan untuk menghasilkan energi alternatif berkelanjutan. Dengan demikian, jika teknologi baru tersebut sudah dapat digunakan secara luas, maka kebutuhan manusia terhadap energi akan dapat terus terpenuhi.

Peran perguruan tinggi di Indonesia sangat dibutuhkan dalam peningkatan skill akademik maupun soft skill SDM dalam bidang energi. Namun, terdapat beberapa kendala dalam pemenuhan SDM bidang energi di Indonesia, yaitu daya tampung perguruan tinggi masih terbatas untuk mempelajari energi dan sebaran keahlian SDM bidang energi yang tersebar pada berbagai rumpun ilmu seperti teknik fisika, teknik elektro, teknik mesin, teknik kimia, teknik material, dan sebagainya.

Pendirian program studi Teknik Sistem Energi ITERA didirikan untuk memfokuskan pengembangan SDM dalam bidang energi. Selain itu, program studi Teknik Sistem Energi tidak terlepas dari tuntutan kebutuhan tenaga kerja dari berbagai stakeholder yang berhubungan dengan energi baik di tingkat regional, nasional, dan internasional. Kebutuhan tenaga kerja ini juga didukung oleh tingginya pertumbuhan ekonomi masyarakat global di dunia pada umumnya dan Sumatera khususnya. Pengajuan program studi Teknik Sistem Energi di ITERA akan memposisikan diri sebagai program studi yang menyiapkan SDM guna kemajuan bangsa, serta akan membantu masyarakat khususnya di pulau Sumatera dalam memanfaatkan sumber daya alam melalui penelitian dan pengembangan di bidang energi.

Aspek manfaat dan kegunaan pembukaan Program Sarjana Teknik Sistem Energi dapat dilihat pada uraian visi dan misi program studi, profil lulusan program studi, dan capaian pembelajaran program studi sebagai berikut:

Visi:
“Menjadi program studi yang berkualitas, berprestasi dan berdaya saing secara nasional maupun internasional dalam menghasilkan sarjana yang memiliki dasar ilmu pengetahuan yang kuat untuk memanfaatkan sumber daya alam di bidang rekayasa sistem energi demi meningkatkan kesejahteraan pada wilayah Sumatera dan sekitarnya.”


Misi:
• Melaksanakan sistem pendidikan keteknikan sesuai dengan kebutuhan industri pada wilayah Sumatera.
• Mengembangkan penelitian dalam perancangan dan manajemen sistem energi untuk mengatasi permasalahan energi.
• Melaksanakan pengabdian masyarakat dalam mengatasi permasalahan energi yang berfokus pada sumber daya alam Sumatera.

Program Studi Teknik Sistem Energi memiliki kurikulum berbasis Capaian Pembelajaran, yang mempersiapkan lulusannya kelak dapat memiliki Profil Profesional Mandiri (PPM) sebagai berikut:

Profil Profesional Mandiri (PPM):
• Menjadi insinyur profesional dalam bidang perancangan sistem energi dan energi ba u terbarukan.
• Menjadi auditor dan manajer energi.
• Menjadi lulusan yang siap dalam melakukan studi lanjut untuk menjadi profesional dalam bidang sistem energi.

Copyright © 2016 UPT TIK - Institut Teknologi Sumatera (ITERA)