Teknik Sistem Energi

"Institut Teknologi Sumatera"

               

Kurikulum

Capaian pembelajaran lulusan (CPL):
Program Studi Teknik Sistem Energi menetapkan bahwa semua lulusannya mampu menggunakan pengetahuan, keterampilan, sumber daya dan sikap sebagai berikut:
A. Kemampuan menerapkan pengetahuan matematika, ilmu pengetahuan alam dan/atau material, teknologi informasi dan keteknikan untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang prinsip-prinsip keteknikan yang berkaitan dengan energi.
B. Kemampuan mendesain komponen, sistem dan/atau proses energi untuk memenuhi kebutuhan yang diharapkan didalam batasan-batasan realistis, misalnya hukum, ekonomi, lingkungan, sosial, politik, kesehatan dan keselamatan, keberlanjutan serta untuk mengenali dan/atau memanfaatkan potensi sumber daya Sumatera dan nasional dengan wawasan global.
C. Kemampuan mendesain dan melaksanakan eksperimen suatu sistem energi dalam skala laboratorium dan/atau lapangan serta menganalisis dan mengartikan data untuk memper uat penilaian teknik.
D. Kemampuan mengidentifikasi, merumuskan, menganalisis dan menyelesaikan permasalah n teknik dalam bidang energi.
E. Kemampuan menerapkan metode, keterampilan dan piranti teknik yang modern yang diperlukan untuk simulasi.
F. Kemampuan berkomunikasi secara efektif baik lisan maupun tulisan.
G. Kemampuan merencanakan, menyelesaikan dan mengevaluasi tugas yang berhubungan dengan energi didalam batasan-batasan yang ada.
H. Kemampuan bekerja dalam tim lintas disiplin dan lintas budaya.
I. Kemampuan untuk bertanggung jawab kepada masyarakat dan mematuhi etika profesi dalam menyelesaikan permasalahan energi.
J. Kemampuan memahami kebutuhan akan pembelajaran sepanjang hayat, termasuk akses terhadap pengetahuan terkait isu-isu kekinian tentang keteknikan pada umumnya dan energi khususnya.

 

Program studi Teknik Sistem Energi ITERA mensyaratkan mahasiswa untuk menempuh minimal 144 SKS (Satuan Kredit Semester) yang terbagi dalam 8 semester. Secara garis besar Program studi Teknik Sistem Energi ITERA terbagi atas dua tahap, yaitu :

1. Tahap Persiapan Bersama (TPB) Pada tahap ini mahasiswa diberikan pembekalan dan pemantapan ilmu sains dasar yang utamanya mencangkup Matematika, Fisika dan Kimia. Durasi pembelajaran dalam TPB dilakukan dalam 2 semester (36 SKS).

2. Tahap Sarjana
Durasi pembelajaran dalam tahap ini dilakukan selama 6 semester (108 SKS) termasuk di dalamnya 100 SKS mata kuliah wajib dan 8 SKS mata kuliah pilihan serta tugas akhir. Mahasiswa harus menyelesaikan tahap sarjana dalam kurun waktu maksimal 8 semester.

Copyright © 2016 UPT TIK - Institut Teknologi Sumatera (ITERA)