Teknik Sistem Energi

"Institut Teknologi Sumatera"

               

Sejarah Teknik Sistem Energi


August 11th, 2020 | Posted by: tseitera


Program Studi Teknik Sistem Energi (PS-SE) menerima SK ijin pendirian Program Studi dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) pada Tanggal 16 April 2018 dengan No SK 362/KPT/I/2018. Berdasarkan Undang-Undang No. 12 Tahun 2012 tentang perguruan tinggi, setiap perguruan tinggi wajib memiliki statuta. Peraturan Pemerintah No. 4 tahun 2014 tentang penyelenggaraan pendidikan tinggi dan pengelolaan perguruan tinggi menyatakan bahwa statuta adalah peraturan dasar pengelolaan perguruan tinggi yang digunakan sebagai landasan penyusunan peraturan dan prosedur operasional di perguruan tinggi. Pengelolaan perguruan tinggi adalah kegiatan pelaksanaan jalur, jenjang, dan jenis Pendidikan Tinggi melalui pendirian perguruan tinggi oleh pemerintah dan/atau badan penyelenggara untuk mencapai tujuan pendidikan tinggi yang diwujudkan dengan kewajiban untuk menjalankan visi dan misi pendidikan tinggi nasional sesuai izin perguruan tinggi dan izin program studi.

Peraturan Presiden Republik Indonesia No. 124 tahun 2014 tentang pendirian Institut Teknologi Sumatera menyatakan bahwa ITERA menyelenggarakan pendidikan akademik dan dapat menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam sejumlah rumpun ilmu pengetahuan dan/atau teknologi tertentu, dan jika memenuhi syarat dapat menyelenggarakan pendidikan profesi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Agar ITERA dapat berjalan sesuai dengan fungsinya maka dirumuskanlah statuta ITERA melalui Peraturan Menteri Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi No.12 tahun 2017. Statuta ITERA mencakup visi, misi, tujuan  dan strategi (VMTS) ITERA yang disusun berdasarkan hasil FGD stakeholder.

Visi ITERA merupakan rujukan dalam menyusun VMTS Jurusan. JTEIF ITERA mempunyai peran dalam ilmu pengetahuan bidang keteknikan (rekayasa) khususnya untuk isu produksi dan industri. Oleh sebab itu, perumusan visi JTEIF diakukan dengan merujuk kepada visi ITERA dengan mempertimbangkan peran JTEIF sebagai pelaksana Tri Dharma perguruan Tinggi dalam dalam teknologi produksi dan pengolahan sumber daya alam di Sumatera secara khusus dan Indonesia secara umum.

Pertumbuhan ekonomi Sumatera memerlukan pengelolaan sumber daya alam, pertumbuhan infrastruktur dan industri di berbagai bidang. Sumber daya manusia perlu memiliki kemampuan sains dan teknologi yang sesuai dengan kebutuhan pertumbuhan tersebut, salah satunya mendukung pengelolaan atau pengolahan sumber daya energi seperti gas, minyak, batu bara, geotermal dan energi secara efektif dan efisien. Salah satu wujud untuk mencapai mandat tersebut dengan membentuk berbagai macam program studi yang relevan yang nantinya dapat memberikan manfaat dalam pembangunan dan kemandirian daerah setempat yaitu Sumatera dan kebutuhan Indonesia pada umumnya. Salah satu program studi yang dibutuhkan adalah PS-SE (PS-SE).

Pendirian PS-SE ITERA didirikan untuk memfokuskan pengembangan SDM dalam bidang energi. Selain itu, PS-SE tidak terlepas dari tuntutan kebutuhan tenaga kerja dari berbagai stakeholder yang berhubungan dengan energi baik di tingkat regional, nasional, dan internasional. Kebutuhan tenaga kerja ini juga didukung oleh tingginya pertumbuhan ekonomi masyarakat global di dunia pada umumnya dan Sumatera khususnya. Pengajuan PS-SE di ITERA akan memposisikan diri sebagai program studi yang menyiapkan SDM guna kemajuan bangsa, serta akan membantu masyarakat khususnya di pulau Sumatera dalam memanfaatkan sumber daya alam melalui penelitian dan pengembangan di bidang energi.


Tinggalkan Komentar



Copyright © 2021 Teknik Sistem Energi - ITERA